5 Festival Paling Unik dan Ekstrim di Dunia, Jauh Dari Kata Normal Ini Mah

Festival paling unik dan ekstrim di dunia

Yang namanya suatu perayaan pasti selalu bermacam-macam dan juga berbeda di setiap belahan dunia. Tetapi makna dari perayaan selalu sama yaitu untuk memperingati hari tertentu atau juga sebagai ucapan terimakasih atas hal yang terjadi. Seiring dengan berkembangnya zaman, maka perayaan atau festival menjadi semakin jauh dari kata normal atau biasanya. Banyak sekali festival paling unik dan ekstrim di dunia yang bahkan tidak masuk di akal.

Untuk itulah agar tidak penasaran, maka simak ulasan singkat di bawah ini tentang 5 festival paling unik dan ekstrim di dunia yang bisa membuat anda terheran deh. Mungkin setelah tahu, anda akan mikir beberapa kali untuk ikut merayakan festival tersebut.

5 Festival Paling Unik dan Ekstrim di Dunia

1. Festival Saint Constantine dan Saint Helena

Festival paling unik dan ekstrim di dunia - Saint Constantine

Festival Saint Constantine dan Saint Helena atau dikenal juga dengan nama festival Anasteria ini adalah salah satu perayaan yang sering digelar di Yunani. Perayaan ini dilakukan dengan cara menari selama delapan hari dimulai sejak tanggal 21 Mei. Perayaan ini juga terbilang cukup ekstrim karena ada bagian dimana penari harus melakukan tarian di atas bara api. Sebelum menari di atas api, maka dilakukan ritual terlebih dahulu agar para penari tidak merasakan pasanya bara api di kaki mereka saat menari.

Festival ini sebenarnya bermula sejak abad pertengahan ketika gereja Saint Constantine mengalami kebakaran. Saat kebakaran terjadi, ada salah seorang wanita yang bernama Saint Helena menangis dari dalam gereja beserta ikon dari Saint Constantine. Kemudian ada beberapa orang yang menyelamatkan ikon dan Helena dan berhasil keluar dari api dengan selamat tanpa tersentuh api. Selain itu juga ada beberapa ritual di dalam perayaan ini seperti mengorbankan banteng dan membagikan dagingnya kepada penduduk setempat.

2. Hadaka Matsuri

Festival paling unik dan ekstrim di dunia - hadaka matsuri

Mungkin anda tidak pernah mendengar jika ada festival yang mengharuskan pesertanya untuk bertelanjang dan hanya menggunakan celana dalam saja. Tetapi ternyata di Jepang ada festival Hadaka Matsuri yang mewajibkan para pria pesertanya hanya memakai celana dalam. Hal itu sebenarnya mengandung maksud untuk menguji keperkasaan dan keberanian para pria agar terus berjuang sepanjang tahun.

Perayaan ini biasanya diselenggarakan pada hari Sabtu ketiga di bulan Februari yang merupakan malam paling dingin sepanjang tahun. Di masing-masing wilayah Jepang juga mempunyai ritual yang berbeda dalam melaksanakan festival ini.

3. La Tomatina

Festival paling unik dan ekstrim di dunia - la tomatina festival

Di Bunol, Spanyol juga ada salah satu festival paling unik dan ekstrim di dunia yaitu La Tomatina. Mungkin festival ini menjadi salah satu festival paling unik karena pesertanya hanya harus berperang lempar tomat selama kurang lebih sekitar 90 menit.

Festival ini ternyata berhasil menarik perhatian hingga sekitar 30 ribu orang peserta mengikuti acara tahunan ini. Pesertanya pun tidak hanya penduduk setempat saja, melainkan juga ada turis mancanegara. Festival ini juga banyak yang mengatakan sudah berlangsung dari tahun 1944, dan perayaan ini selalu diselenggarakan pada hari Rabu terakhir di bulan Agustus. Gimana? anda tertarik untuk mengikuti festival ini?

Baca juga: Larangan Paling Aneh di Dunia

4. Tinku Festival

Festival paling unik dan ekstrim di dunia - tinku festival

Tinku festival adalah salah satu perayaan yang dilakukan orang penduduk yang tinggal di pegunungan Andes di Bolivia. Dimana setiap orang akan menari dan membuat lingkaran, lalu mereka semua akan saling adu pukul. Memang festival yang diadakan setiap bulan Mei ini terdengar tidak masuk akal. Tetapi ternyata ada maksud dibalik perayaan yang melibatkan batu hantam antar sesamanya ini.

Festival ini adalah salah satu festival keagamaan saat Dewi Panchamama meminta darah untuk panen yang sukses. Menurut kepercayaan mereka, semakin banyak darah maka akan semakin baik. Maka dari itu, masyarakat sekitar ini kemudian saling adu pukul untuk memenuhi permintaan ini. Bahkan dahulu kala selalu ada kematian setelah festival ini diadakan. Tetapi saat ini, perayaan ini sudah dijaga ketat oleh polisi untuk menghindari perkelahian yang berlebihan atau bisa mengakibatkan kematian.

5. Lopburi Monkey Buffet

Festival paling unik dan ekstrim di dunia - Lopburi monkey banquet

Festival selanjutnya mungkin terdengar lebih aneh lagi untuk anda yaitu Lopburi Monkey Buffet. Perayaan ini bukanlah perayaan yang melibatkan manusia, melainkan perayaan yang dikhususkan untuk para kera. Diadakan setiap akhir Minggu terakhir di bulan November setiap tahunnya di Thailand. Tetapi dengan keunikannya, festival ini berhasil menarik perhatian para penduduk lokal maupun turis untuk datang menyaksikan perayaan tersebut.

Perayaan ini digelar pada tahun 1989 oleh para penduduk desa dengan cara menggelar berbagai macam jenis makanan dan buah-buahan untuk para kera. Hal itu karena awalnya banyak para kera dari desa Lopburi yang selalu menganggu pengunjung karena meminta makanan kepada mereka.

Nah itulah tadi beberapa festival unik dan ekstrim di dunia yang mungkin menurut anda tidak masuk akal. Tapi sebenarnya dalam setiap perayaan selalu mengandung arti tersendiri yang membuat tradisi itu harus selalu dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *